Ciri Ciri Hardisk Bad Sector Dan Rusak

     Hai semua jumpa lagi dengan admin, kali ini admin akan menjelaskan tentang Hardisk yang ada pada PC atau Laptop. Mari simak ulasannya berikut ini :



     Hardisk adalah sebuah hardware PC yang berfungsi sebagai media penyimpanan seperti data, musik , OS dan lainnya. Tapi bagaimana jika Hardisk yang anda punya tidak berfungsi sebagai mana mestinya ? Ya bisa jadi hardisk yang anda punya sudah Bad Sector atau Rusak. Tapi tenang jangan panik dulu biasanya gejala tersebut muncul seperti berikut ini :

 1. Komputer Berjalan Lambat 


Hasil gambar untuk PC lemot

Nah ini gejala pertama yang akan terjadi. Biasanya komputer akan hang dan not responding, padahal memori sudah banyak dan prosesor sudah kencang. Kenapa bisa terjadi ? karena hardisk sudah tidak mampu membaca dan menulis dengan normal alias sudah Bad sector dan biasanya harus di perbaiki.

 2. Muncul Suara Berdecit Pada Hardisk

Masalah ini sangat mudah sekali ketahuan, pasalanya hardisk normal tidak berbunyi decit, ya ini bisa terjadi karena biasanya hardisk bisa saja jatuh dan berbenturan dengan benda lainnya yang keras. Biasanya hardisk sudah tidak terbaca lagi oleh BIOS komputer dan mau tidak mau harus membeli baru. 

 3. Read Write Terasa Lambat dari Biasanya


Coba anda memindahkan file dari komputer ke flashdisk, jika terasa lambat dari biasanya, anda perlu mengecek hardisk dengan aplikasi HDD Sentinel. Ya aplikasi ini berfungsi sebagai media pemantauan hardisk, jika kesehatan dan kinerja sudah dibawah 95% silahkan lakukan defragment Hardisk.

 4. Saat Booting OS Akan Lebih Lama


Maksudnya adalah saat pertama kali menghidupkan komputer, lalu saat booting biasanya akan lama bahkan stuck di "Starting Windows" Nah ini mengindikasikan bahwa Hardisk sudah tidak normal dipakai dan harus di perbaiki bahkan harus diganti baru.

 5. Muncul Tulisan Hardisk Drive Failure Di Monitor



Nah yang terakhir adalah tulisan Hardisk Drive Failure, setelah POST pada BIOS maka akan muncul tulisan ini, biasanya terjadi karena hardisk sudah tidak bisa membaca file dengan normal
dan coba cek kabel power pada hardisk dan Sata kabelnya, jika sudah dan masih muncul error tersebut kemungkinan besar hardisk bermasalah.



8 comments

Wah nice info gan sangat bermanfaat,jadi bisa tau dan bisa ngecek sendiri

Apa kalau sering di pakai bermain game bisa menyebabkan bad sector gan?

Kalau mencegah agar hardisk kita aman dari badsector gimana gan ?

Info yang sangat bermanfaat. thanks gan.

Ilmu baru nih gan. Makasih yah

Ngga juga gan Ane setiap saat main game

Rajin Rajin Defragment dan cek disk sebulan sekali :-bd

Tidak gan AMD A8 ini biasanya kalo mau pakai VGA R5 230Mnya update driver crimson terbarunya APU :-d


EmoticonEmoticon